Spesifikasi tentang Honda Accord Hybrid yang baru meluncur rasanya memang patut disimak lebih dalam. Apalagi mobil sedan mewah ini sudah menjelma menjadi sedan sporty dengan menanggalkan kesan elegan seperti generasi sebelumnya. Walaupun tampilannya tak lagi parlente, tetapi Honda menanamkan beberapa fitur baru yang diharapkan bisa menggoda konsumennya.
Jika melihat spesifikasi dimensinya, Honda Accord Hybrid terpantau semakin memanjang hingga 6 cm dibanding generasi ke-10.
Dimensi Honda Accord Hybrid | |
Panjang | 4.962 mm |
Lebar | 1.862 mm |
Tinggi | 1.449 mm |
Wheelbase | 2.830 mm |
Ground clearance | 138 mm |
Dengan dimensi tersebut, Accord sudah setara dengan sedan Eropa seperti Mercedes-Benz E-Class maupun BMW Seri 5 generasi terbaru.
Jika melihat ukurannya, kelegaan kabin tentu akan jauh lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.
Kami beberapa waktu lalu pernah mencoba duduk di jok depan dan belakang.
Benar saja, kabinnya memang jauh lebih lega dan nyaman.
Ini yang ditunggu-tunggu. Honda Accord Hybrid hadir dengan spesifikasi mesin yang berubah total.
Teknologi e:HEV andalan Honda akhirnya tersemat di tubuh Accord untuk menemani CR-V yang sudah lebih dulu memakai mesin ini.
Spesifikasi mesin Honda Accord Hybrid | |
Kapasitas | 1.993 cc |
Jumlah silinder | 4 silinder segaris |
Teknologi | i-VTEC, DOHC, 16-valve, drive by wire |
Tenaga mesin bensin | 143 hp @6.100 rpm |
Torsi mesin bensin | 179 Nm @4.500 rpm |
Tenaga baterai | 181 hp @5.000-8.000 rpm |
Torsi baterai | 335 Nm @0-2.000 |
Baterai | Lithium ion |
Kompresi mesin | 13,9 : 1 |
Sistem pengabutan | PGM-FI |
Tapi bedanya, sistem hybrid pada CR-V diatur sepenuhnya secara elektronik sehingga pengemudi tak bisa memilih mode EV maupun mesin bensin.
Pada Accord, Honda menyempurnakannya dengan memberikan pilihan penggerak motor listrik atau bensin.
Bahkan terdapat juga pilihan Charge untuk mengisi baterai listrik dengan memanfaatkan mesin bensin saat berkendara.
Seluruh tenaga yang dihasilkan disalurkan menggunakan transmisi electrical continuously variable transmission (E-CVT) yang mana transmisi ini juga dipakai pada CR-V Hybrid.
Bagaimana dengan kaki-kaki dan sistem pengereman yang digunakan oleh Accord?
Di bagian depan Honda menanamkan suspensi Independent MacPherson Strut, sedangkan di belakang mengandalkan Independent Multi-Link.
Rem yang dipakai pun sudah menggunakan cakram di keempat rodanya yang dibedakan antara depan dan belakang.
Kaki-kaki dan Rem | |
Suspensi depan | Independent MacPherson Strut |
Suspensi belakang | Independent Multi-Link |
Rem depan | Ventilated disk |
Rem belakang | Solid disk |
Ukuran pelek | 18 inci |
Ukuran ban | 235/45 |
Rem parkir | Electric parking brake |
Struktur kaki-kaki ini diharapkan bisa menyajikan kenyamanan ala sedan elegan, namun tidak menghilangkan nafas sporty.
Honda seakan tak puas jika tidak memberikan spesifikasi dengan paket lengkap kepada Honda Accord untuk pasar Indonesia.
Hal ini dapat dilihat dari adanya beberapa fitur baru yang baru pertama kali digunakan untuk seluruh model di Indonesia.
Beberapa fitur baru tersebut adalah:
Sebagai salah satu model flagship Honda ingin memberikan penggunanya rasa keamanan tingkat tinggi ketika mengendarai mobil ini.
Untuk itu fitur keamanan dan keselamatan yang dibenamkan ada sangat banyak seperti di bawah ini: